efek kursor

Sunday, September 07, 2008

Mengisi waktu dibulan Ramadhan

Bismillah...
Ramadhan
merupakan bulan yg istimewa, maka kita harus memanfaatkan waktu yg hanya 1 bulan ini utk menata diri agar bulan selanjutnya bisa menjadi lebih baik lagi. yaitu dengan memperbanyak amalan2/beribadah.
Beberapa amalan2 utk mengisi waktu di bulan Ramadhan:

1. Menunaikan Ibadah Wajib
Ibadah wajib, seperti sholat lima waktu harus kita utamakan dan harus senantiasa kita tingkatkan agar nilai ibadah kita menjadi lebih berkualitas.

2. Memperbayak amalan2 sunnah, membaca AlQur'an dan Qiyammul La'il
Menunaikan ibadah-ibadah sunnah, karena dibulan yg suci ini pahala ibadah sunnah disamakan dgn yang wajib. Utk ibadah wajib dilipatgandakan lagi.
Kita juga bisa membaca Al Qur’an daripada hanya tidur, utk memanfaatkan waktu yg kosong atau mengkopi file MP3 Qur’an lalu mendengarkannya selama dalam perjalanan ato saat sedang istirahat.
Saat malam hari menjelang melaksanakan saur kita bisa mendahului dgn bersujud kepada Alloh SWT ato kita ber-Ikhtikaf di masjid favorit kita.

3. Membaca buku-buku Islami/agama.
Bagi orang yg sibuk, seringkali tidak sempat untuk menghadiri pengajian. Untuk itu, diwaktu senggang/istirahat bisa dimanfaatkan utk membaca buku mengenai Islam utk menambah saqofah ilmu kepada kita agar bisa mengenal Islam lebih dalam lagi. Dan semakin menguatkan keimananan kita.

4. Membantu Ortu.

Bagi yg ortunya masih hidup, inilah saatnya untuk lebih dekat dan berbakti serta beramal soleh kepada ortu. Ingatlah, ortu tidak selamanya bersama kita. Cepat atau lambat, mereka akan meninggalkan mereka, padahal berkah dan karunia dari orangtua sangatlah besar. Maka, selagi mereka masih ada, perbanyak minta barokah, karunia, doa dari mereka. Jadikan mereka bahagia mempunyai anak yg sholeh/sholehah serta berbakti.

5. Menghadiri majelis ilmu.
Yaitu menghadiri pengajian-pengajian. Tidak sering kita jumpai di bulan2 lain adanya pengajian sesering dan seintensif di bulan Ramadhan. Sangat banyak ilmu yg bisa kita peroleh dari pengajian. Pengajian yg dihadiri tidak mesti di 1 tempat, namun bisa juga di banyak tempat. Bisa juga mendengarkan kultum saat sholat tarawih ato dikala pagi mendengarkan kuliah subuh dan tausyiah-tausyiah islami.

6. Menyendiri dan menangisi kesalahan.

Muhasabah diri, mengkoreksi kesalahan, dan berdoa kepada Alloh memohon ampun atas segala dosa dan kesalahan yg telah kita perbuat selama ini.

7. Banyak berinfaq dan bersedekah
Kita mesti mencontoh Rasululloh dalam berinfaq dan bersedekah (membelanjakan harta di jalan Alloh SWT). Kedermawanan beliau sedemikian hebat, hingga diibaratkan seperti angin yg berhembus kencang. Begitu mudah beliau merogoh kantung dan memberikan harta kepada orang2 yg membutuhkan. Apalagi di bulan Ramadhan ini, yg pahalanya akan dilipat gandakan berkali-kali. Dan khusus di bulan Ramadhan, orang bisa memperoleh amalan ‘ekstra’ dg memberikan hartanya untuk dibelikan makanan pembuka puasa.
Bagaimana utk orang yg tdk mampu? Islam tdk akan memberatkan umatnya. Banyak membaca kalimat tahmid, tasbih, tahlil, dan takbir juga merupakan sedekah.

Semoga bermanfaat dan semoga ibadah kita mendapatkan barokah dari Alloh SWT. Amin..

No comments: